Kamis, 09 Juli 2009

Yamaha Scorpio Club: Club Mandiri, Punya Usaha Koperasi Sendiri


Tenyata komunitas ataupun club motor isinya enggak selalu hura-hura doang. Buktinya Yamaha Scorpio Club Jakarta punya usaha sendiri yang menghasilkan lewat koperasi. Omset koperasi mereka sampe 140 juta. Hebat kan?

YSC atau Yamaha Scorpio Club bisa dibilang selangkah lebih maju dari komunitas lain. Dibentuk pada 1 September 2002 silam, komunitas yang awalnya hanya memiliki anggota 34 (25 asal Jakarta) (9 dari Jawa Barat), kini makin berkembang dengan jumlah anggota mencapai 525 untuk wilayah Jabodetabek. Tentu saja jumlah itu akan terus membengkak jika dikalkulasikan dengan club motor berlogo kalajengking ini dari seluruh pelosok tanah air.
Otak dibalik kesuksesan dan eksistensi YSC hingga kini adalah R. Siswahjono (Pembina YSC) dan Yunanto Agus Nugroho. Bahkan nama terakhir tercatat sudah dua periode duduk sebagai ketua. Pertama masa bakti 2006-2008 dan yang kedua 2008-2010.
Sebenarnya, YSC muncul kepermukaan berkat Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Pembeli motor Scorpio secara langsung akan mendapatkan nomor keanggotaan dan tercatat sebagai anggota YSC secara resmi. Selain tercatat sebagai anggota YSC, pemilik motor diberikan jaket kulit gratis lengkap dengan logo YSC.
YSC melakukan turing perdana pada 24-25 Agustus 2002 dengan menyambangi wilayah Cipanas, Puncak Jawa Barat. Acara dilanjutkan dengan menggelar aksi baksos ke panti asuhan Cipanas dan memberikan sumbangan kepada tukang ojek wilayah setempat dan menjadi agenda turing perdana ini. Selanjutnya, turing kerap dilakukan sesuai agenda. Tercatat YSC pernah menyambangi Cilacap, Tawangmangu, Dieng, Bromo,Nol KM (Aceh), Bali hingga Lombok.
Antara penggemar motor Scorpio semakin akrab dan memiliki visi dan misi sejalan untuk memajukan YSC. Mengambil lokasi di Patung Panahan, Senayan Jakarta, dibentuk kepengurusan awal YSC periode 2002-2004. Hasilnya, beberapa anggota terpilih untuk membidani YSC, diantaranya adalah R. Siswahjono (Ketua), Bima (Wakil) Harries Sanjaya dan William selaku bendahara. Didalam YSC dikenal istilah Pemili YSC. Hal ini dilakukan demi terciptanya proses demokratisasi untuk memilih calon pengurus periode mendatang.
Eksistensi YSC tidak perlu diragukan, bukan hanya Jakarta tapi daerah-daerah juga banyak bermunculan. Diantaranya adalah YSC Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, serta Sulawesi. Dari YSC yang tersebar, kesemuanya menjunjung rasa persaudaraan yang kuat untuk sama-sama mengokohkan tonggak YSC dikalangan bikers.
Sebagai club bikers yang cukup besar, YSC memiliki agenda tahunan yang sudah diprogram, dan semuanya tercatat dalam kalender kegiatan. Agenda tahunan YSC meliputi Touring dan Baksos (2 – 3 kali setahun), Family Gathering, Coaching Clinic (tentang pemahaman kendaraan, safety riding, dsb), Anniversary YSC, Pemilu YSC, Mudik Bareng, Halal Bi Halal YSC, serta Jambore.
Yang unik, YSC tidak menggunakan istilah kopi darat (kopdar), mereka menggantinya dengan istilah kumpul rutin yang dilaksanakan pada sabtu sore mulai pukul 17.00-21.00 WIB dengan lokasi di Parkir Timur, Senayan Jakarta. Sementara sabtu ke-1 dan sabtu ke-3 ditetapkan sebagai minggu khusus dan setiap anggota diwajibkan menggunakan atribut lengkap. Sementara itu, sumber dana YSC didapatkan dari registrasi anggota, iuran bulanan anggota, dana sponsor, serta aktivitas penjualan atribut club dan sebagainya.
Selain mewadahi anggota YSC dalam menyalurkan hoby berpetualang, klub ini juga mendirikan usaha bersama yakni Koperasi YSC – Indonesia. Koperasi yang berdiri pada Juni 2007 bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi seluruh anggota YSC khususnya dan pengguna Scorpio pada umumnya dalam pengadaan suku cadang asli Yamaha Scorpio. Koperasi YSC terbilang sukses dan membanggakan, karena omzet yang didapat pada tahun pertama mencapai Rp. 140 juta. Distribusi penjualan yang dilakukan koperasi tidak hanya mengcover wilayah Jakarta, namun pesanan pernah melayani Semarang, Surabaya, Jayapura, Balikpapan, Aceh, Medan, Bali dan Bandung.
Kesuksesan koperasi YSC meraih omzet besar berkat usaha Alus Budianto (ketua koperasi), M Lutfi Ubaidillah (wakil) serta Iwan Nurohman sebagai sekretaris.

1 komentar:

  1. Mohon ijin ikut gabung....mau nanya ada yang jual tanki scorpio 2009 merah marun....punya ane dah pada kropos bocor

    BalasHapus