Jumat, 31 Juli 2009

Edo Rusia Jurnalis Bertitel Biker Blogger

Bikers Brotherhood Blog MotoDream, telah usai beberapa minggu yang lalu. Tapi aroma semangat BBB tersebut masih sangat kental. Diantara bikers yang ada munculah seorang biker sekaligus blogger. Sebut saja Edo Rusyanto atau lebih dikenal dikalangan bikers dengan sebutan Edo IBC atau Edo Rusia. Penulis buku Industri Telekomunikasi Indonesia tahun 2007 dan buku Industri Sepeda Motor tahun 2008 ini merupakan salah satu wartawan kawakan dan biker blogger sejati.

Pria berkelahiran Jakarta 39 tahun yang lalu, tampak gagah diatas kuda besinya. Bila sedang mengendarai sepeda motor V-xionnya, praktis seluruh badannya tertutup rapi, dengan standar safety riding. Helm berstandar SNI, jaket, sarung tangan, pelindung siku dan dengkul, serta sepatu boots biker, selalu ia kenakan kemanapun lelaki berkacamata ini pergi. “Kita tidak akan pernah tahu bahaya kecelakaan tiba-tiba datang, sebelum semuanya bertambah parah, kita awali safety riding mulai sekarang dan dari diri kita masing-masing.” Tangkas Ketua umum IBC hingga 2010 ini.



Profesinya sebagai seorang jurnalis harian Investor Daily ini, sehari-harinya bekerja menggunakan V-xion untuk menelusuri kota Jakarta mencari berita. Meski sibuk mencari berita namun ia tak mengurangi minat menulis pada blog-nya. Bahkan jika melihat jumlah members-nya, tak tanggung-tanggung yaitu mencapai 2000-an dari berbagai daerah, dalam dan luar negeri.

Milis dan Facebook-nya pun laris manis dibaca di kalangan bikers.“ Setiap hari saya selalu men-update tulisan saya, minimal 1 kali, kemudian berita tersebut selalu saya send ke semua teman-teman. Terasa itu menjadi sebuah kewajiban pribadi. Apalagi jika sudah menyuarakan tentang safety riding, nyatanya hal itu, menjadi fatwa yang wajib untuk seluruh bikers,” jelas Edo. Hal ini pulalah, yang menjadi perbedaan blog-nya dengan blogger lainnya.” Yah, memang itu positioning blog saya, khusus untuk mensuarakan keselamatan pengguna jalan. Sehingga masyarakat lebih bisa cepat mengenal blog saya.” Jelas pria lulusan UniversitasVeteran ini berbagi ilmu blog.

Bila berbicara pada persoalan jalanan atau keselamatan pengguna jalan, suami dari Yeti ini, selalu menunjukkan sikap dan semangat yang tinggi untuk saling berbagi. Dari persoalan ATPM, Polantas, kehidupan bikers, jalan raya sampai persoalan safety riding. Semuanya ia jabarkan secara mendetail. Maklum, di samping menjadi wartawan kawakan, lelaki yang punyai tiga anak ini punya akses khusus dengan beberapa orang-orang penting di seluruh ATPM Indonesia yang telah ia jalin selama bertahun – tahun. Sehingga uraian yang ia kemukakan melalui blog-nya sarat dengan data ilmiah, namun tetap dalam balutan yang easy reading dan tentunya berprinsip objective dan cover both sides.

Bagaimana tipikal pembaca bikers blog menurut Edo? Lebih jauh biker blogger ini menjelaskan, “Rata -rata pengguna internet adalah kelas citizen knowledge. Atau bisa di bilang, tingkat pengetahuan umumnya yang sudah melek terhadap blog. Umumnya, bikers blogger menyukai bacaan yang terjadi langsung di sekitar mereka dan tidak menggurui, serta tidak terlalu panjang”. Begitu cetusnya.

Blog menjadi menjadi media lintas kalangan yang mudah dan bisa di akses semua pengguna internet di seluruh dunia. Ibaratnya blog itu sebuah pisau. Di tangan seorang koki handal, pisau tersebut bisa digunakan untuk memotong daging karena ketajamannya. Yep, setajam tulisan Edo di blog-nya. “Tulislah! Sekecil apapun yang terjadi di sekitar kita. Karena segala sesuatu berangkat dari kebiasaan, dan dari kebiasan tersebut, kita mobilisasi menulis hal-hal yang bermanfaat, untuk masyarakat.” Tutup Edo. Viva Blogger! Viva Bikers Brotherhood Blog MotoDream!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar