Senin, 15 Juni 2009

Yamaha Palu Community (YPC): Komitmen Kepada Visi Club


Membangun club motor memang tidak gampang. Perlu visi dan misi yang menjadi “Kontrak Bersama” antara ketua hingga anggota club. Paling tidak itulah yang dialami YPC atau Yamaha Palu Community. Club motor asal Sulawesi Tengah ini rupanya berbagi pengalaman dengan MotoDream.

Membangun club motor memang tidak gampang. Perlu visi dan misi yang menjadi “Kontrak Bersama” antara ketua hingga anggota club. Paling tidak itulah yang dialami YPC atau Yamaha Palu Community. Club motor asal Sulawesi Tengah ini rupanya berbagi pengalaman dengan MotoDream.
Komunitas ini lahir pada 6 Juni 2006 yang dibidani Rahmat Yusuf. Pria yang fanatik kepada dunia motor menjadi inisiator untuk mengumpulkan bikers yang ada di kota Palu. YPC adalah ‘rumah’ dan anggota YPC sebagai saudara. Figur Rahmat atau yang biasa dipanggil ‘Kak Amat’ adalah seorang biker yang dipandang oleh komunitas dan club bikers di kota Palu. Amat punya kegiatan lain selain menjadi pengurus YPC. Ia menjadi seorang biker yang sangat menghargai ilmu. Saat ini ia menjadi mahasiswa S2 fakultas Hukum di Perguruan Tinggi di kota Palu. Gelar menuju Magister ini adalah kelanjutan dari gelar Sarjana Hukum yang ia raih sebelumnya.
Motobikers sudah tahu, motto club yang satu ini? YPC punya motto Tertib Lalu-lintas, Anti Narkoba, Cinta Lingkungan dan Peduli Masyarakat. Sosok Rahmat Yusuf kemudian mengamalkan motto tersebut kepada teman-teman bikers yang ada di YPC. Bagi Amat, sebuah club motor yang ingin berkembang, eksis haruslah solid. Dilengkapi dengan komitmen dan rasa memiliki serta punya tujuan visi-misi kedepan. Semua idealisme itu haruslah dimulai dari pemimpin club motor tersebut. Sikap leadership inilah yang akan memberi contoh kepada anggota lainnya.
YPC terus berkembang dan hingga sekarang memiliki anggota 80 member bikers. Sejak tahun 2006, YPC serius dalam hal rekrutmen anggotanya. Pertama yang YPC cari adalah biker yang memiliki motivasi baik untuk bergabung dengan YPC. Kedua memiliki jiwa kepedulian sosial dan lingkungan. Tentunya yang tak ketinggalan adalah memiliki motor Yamaha dan SIM C. Hingga saat ini ke-80 member di YPC adalah bikers yang memiliki bermacam latar belakang. Ada yang pegawai pemerintahan, karyawan swasta, anggota Polri, wiraswastawan hingga mahasiswa. Satu-satunya yang menyatukan bikers dari perbedaan latar belakang adalah visi misi YPC yang diikrarkan bersama-sama anggotanya.
Sudah cukup banyak aktifitas yang dilakukan YPC sejak pertama kali berdiri tahun 2006. Aktifitas tersebut dibagi 2 yaitu aktifitas internal dan eksternal di luar club. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan adalah Touring Adventure YPC ke luar kota Palu, Pelantikan Anggota YPC. Kemudian acara eksternal club yang aktif diikuti YPC adalah turut peran serta dalam kegiatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) pada 26 April 2008, Hari Bumi 22 April 2007, Hari Lingkungan Hidup 2006 dan HUT RI 17 Agustus setiap tahunnya. YPC juga ikut aktif dalam aktifitas main dealer Yamaha seperti Integrated Campaign selama 2 tahun yaitu tahun 2007 dan 2008. YPC bahkan ikut partisipasi dalam Launching Yamaha Vixion, Mio Soul dan Vega ZR. Hingga kemudian YPC ikut serta dalam kegiatan U Mild U Bikers Safety Race To Asia 2007 dan 2008. Ada lagi aktifitas YPC dalam kegiatan diluar komunitas motor seperti ikut dalam acara Kemah bersama RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Kota Palu. Lalu Kegiatan Penggalangan Dana Korban Bencana Alam serta Aksi Bersih Kota memperingati Hari Bumi 2009 dengan mengampanyekan Stop Global Warming. Semua ini menjadi bagian aktifitas YPC yang tak pernah habis dari tahun ke tahun dan selalu diikuti oleh seluruh anggotanya.
Segala yang terjadi di YPC adalah sebuah komitmen dari sebuah club motor untuk menjalankan visi dan misinya. Seperti ucapan Rahmat Yusuf sang pendiri club, “YPC selalu punya program kegiatan yang dapat menumbuhkan kreatifitas dan inspirasi untuk terus eksis dan menjadi club yang semakin di depan” begitu seru santun pria ini.

Nama Club Motor: Yamaha Palu Community
Asal: Kota Palu - Sulawesi Tengah
Base Camp: Jl. Sagu No. 46 Telp. 0451 (4761161) Kota Palu
e-mail: ypc.plw.46@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar