Senin, 15 Juni 2009

Punya Motor Harganya Milyaran, Mau?


Kita boleh terkaget-kaget mendengar cerita tentang harga moge (motor gede) yang sama dengan mobil atau mencapai ratusan juta rupiah. Ternyata, dibandingkan dengan sepedamotor berikut, belum ada apa-apanya. Dari penelusuran berbagai media online, ternyata ada tiga motor termahal di dunia.

Kriteria yang harus dipenuhi moge termahal, dijual secara komersil. Jumlah produksi tidak dibatasi, meski kenyataannya dibuat terbatas atau eksklusif. Syarat lainnya, bisa digunakan dijalanan umum atau street legal.

DODGE TOMAHAWK V10 SUPERBIKE
Harga : 550.000 dollar AS (Rp. 6.051.000.000,-)
Diperkenalkan pada th.2003 oleh DaimlerChrysler. Waktu itu, tidak disebutkan harganya. Namun, media memperkirakan 250.000 dollar AS. Pasalnya, biaya produksi per unit sebesar 200.000 dollar AS. Namun Allpar.com, situ resmi Dodge yang mengutip kantor berita Reuter menginformasikan, Neiman Marcus membeli 10 unit moge dengan harga satu unitnya 550.000 dollar AS (Rp. 6.051.650.000,-).
Untuk mesin, tidak ada yang bisa mengalahkannya. Kapasitas total mesin 8,3 liter yang terdiri dari 10 silinder dengan konfigurasi V. Mesin ini dicomot dari supercar Dodge Viper yang dibanggakan Chryler pada awal 1990-an.
Diklaim mampu mencapai kecepatan 640 km/jam dengan berat total 680 kg. Keunikannya, punya suspensi idependen 4-roda. Kedua roda depan dan belakang dipasang tandem sehingga konfigurasi rod-rodanya mirip dengan ATV. Akselerasi 0-96 km/jam hanya 2,5 detik (ada yang memperkirakan di bawah 2 detik). Dikabarkan motor ini tidak boleh digunakan di jalan raya umum!. Karena itu pula nasib moge ini sekarang tidak begitu jelas. Tahun lalu mincul tiruannya yang dibuat di Cina. Mesin yang digunakan 150 cc dan ditawarkan dengan harga 1.400 dollar AS (Rp. 15.575.000). Namanya KMD Tron. Kini juga dijual di Amerika dengan harga 1.180 dollar (13.216.500,-).

ECOSSE TITANIUM SERIES RR LILITED EDITION
Harga: 250.000 dollar (Rp. 2.787.500.000,-)
Kehebatan Ecosse Titanium Series RR Limited Edition sehingga dihargai seperti di atas lantaran seluruh sasisnya dibuat dari titanium. Begitu pula dengan kedua knalpotnya. Seluruh bodi dibuat dari serat karbon yang dilapisi dengan pernis. Desainnya dianggap inovatif dan dibuat dalam jumlah terbatas. Bobotnya 400 kg.
Mesin yang digunakan, V2 berkapasitas 2.150 cc, dilengakapi dengan supercharger, intercoleer dan mengunakan sistem injeksi bahan bakar untuk pasokan bahan bakar. Seluruh mesin disepuh dengan krom sehingga penampilannya ekslusif dan mengkilap. Tanaga yang dihasilkan 200 PS denagan torsi 29 kg.
Teknologi lain yang menyebabkan mahal adalah shockbreaker? Ini yang bisa disetel biasanya digunakan untuk siperbike. Rem depan dan belakang menggunakan billet ISR dengan 12 kampas.
Fitur khusus eksklusif lainya, sadel yang empuk dan ergonomis, dapat disetel plus nomor seri yang diukir pada klem stang dan plat nomor. Roda moge ini juga dibuat dari serat karbon yang dilapisi vernis. Tambahan lain adalah aksesori mewah, jam BRM yang dirancang sesuai dengan desain dan warna Ecosse Titanium.

MACCHIA NERA CONCEPT BIKE
Harga: 150.000 euro (Rp. 2.357.626.162,-)
Dari namanya sudah diketahui asal usulnya. Motor ini menggunakan mesin pabrikan Italia 998RS. Merupakan karya perancang dan insinyur Italia yang ingin menciptakan motor dengan teknologi sangat hebat, ringan dan mahal. Tujuannya untuk menjadikan motor ini sebagai the ultimate track bike dengan konsep: Indah Sederhana dan Sederhana Indah.
Mesin Testastretta dipasang pada rangka yang dibuat dari logam ringan, yaitu campuran titanium dan alumunium. Dilihat dari samping, rangka Macchia Nera terlihat seperti tali- temali mengikat mesin. Dirancang minimalis sebagai naked bike, tetapi dari segi estetika dinilai mengagumkan.
Motor ini tidak diproduksi secara massal. Namun, bila ingin memilikinya bisa dipesan, Syaratnya, tentu saja menyediakan uang lebih dari Rp. 2,35 miliar. Orang menyebut sepeda motor ini sebagai mainan mahal.

1 komentar:

  1. Ane pikir, gimana juga motor ini mw dbawa ke hakikat utamanya sbg sepeda motor, jalan belak belok diantara kemacetan jakarta, hwe..hwe..hwe, pasti langsung dibegal kapak merah....

    BalasHapus