Jumat, 12 Juni 2009

Yamaha MX Club Indonesia (YMCI): Safety Riding Bukan Cuma Teori Bro’…


Apa yang membuat club motor punya ciri khas dan nilai-nilai prinsip diantara club motor lainnya? Jawabannya adalah komitmen terhadap perubahan dan perbedaan. Pernah dengar Yamaha MX Club Indonesia atau YMCI? Komunitas inilah yang punya diferensiasi karena komitmennya terhadap kampanye Safety Riding.

Komitmen YMCI terhadap Safety Riding sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Sejak semula anggota YMCI khususnya chapter Bandung punya ‘kontrak’ bersama diantara sesama anggotanya untuk terus mengkampanyekan Safety Riding. Baginya melihat jumlah kecelakaan motor yang masih ada serta minimnya kesadaran terhadap Safety Riding membuat YMCI melakukan ini,
Makanya, di tahap awal YMCI tidak sembarangan dalam proses rekrut anggota. YMCI ini sangat menerima anggota yang punya visi yang sama. Visi Safety Riding inilah yang tertanam kedalam setiap anggotanya. Kesadaran terhadap Safety Riding bukan sekadar komitmen tapi sekaligus prinsip untuk keselamatan pribadi. Tentunya yang tak kalah penting adalah keselamatan orang lain. Puncak keberhasilan visi ini adalah semakin rendah tingkat kecelakaan pengendara motor maupun orang lain.
YMCI mengakui jika club ini banyak dicibir bikers lain karena persyaratan yang diminta. Bukan persyaratan materi tapi kesadaran terhadap keselamatan dalam berkendara. Anggota YMCI diharuskan mempehatikan setiap detail keselamatan biker. Mulai dari helm minimal model half face, lampu spion yang harus lengkap, jaket motor, sarung tangan dan sepatu boot. “Pernah waktu itu ada anak-anak yang masih muda ingin bergabung. Tapi begitu mendengar persyaratan YMCI yang harus menggunakan spion lengkap akhirnya anak tersebut tak jadi bergabung,” begitu jelas Robert alias ‘Bang Bet’ yang menjadi ketua YMCI chapter Bandung. Namun Bang Bet memahami apa yang terjadi pada anak muda tersebut yang masih jiwa muda dan cenderung berontak terhadap hal yang normatif meskipun itu baik.
Meskipun pernah di cemooh oleh bikers lain karena terlalu ketat terhadap peraturan Safety Riding tapi toh anggota YMCI tidak sendirian. Di dalam club ini sudah ada 44 anggota didalamnya. Meskipun tidak terlalu banyak namun mereka sangat solid dan membangun komunikasi yang konsisten. YMCI biasanya nongkrong di daerah Pasteur – Bandung. Para anggota yang bergabung didalam memiliki beragam latar belakang profesi. Ada yang menjadi pegawai BUMN, ada juga yang menjadi karyawan swasta dan ada punya yang wirausaha seperti jualan kaos dan jaket.
Pertama kali YMCI chapter Bandung – Jawa Barat didirikan di Bandung pada 12 November 2006. Saat itu club ini baru beranggotakan 5 orang yang kesemuanya memiliki Yamaha Jupiter MX. Tidak sekadar persamaan merek motor akhirnya mereka membuat konsensus terhadap visi tentang Safety Riding. Sebagai buktinya, YMCI dipercaya untuk mengawal 130 bikers dari pegawai PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) melakukan touring ke Batu Karas. Aktifitas ini berjalan baik karena hingga akhir touring tidak ada kecelakaan atau “Zero Accident” padahal YMCI hanya menurunkan 13 anggotanya untuk pengawalan ini. Sejak itu YMCI dipercaya PTDI untuk memberikan pengawalan kepada bikers PTDI karena YMCI dinilai punya kemampuan untuk melakukan kampanye Safety Riding kepada bikers lain.
Keberhasilan kampanye Safety Riding yang dilakukan YMCI dibuktikan lagi ketika secara sukarela mengadakan acara Safety Riding di sekolah-sekolah di Bandung. Rahasia keberhasilan YMCI rupanya hanya sederhana saja. Mereka memulai Safety Riding dari individu. Setiap anggota YMCI memulai aman berkendara dari keseharian. Seperti misalnya di lampu merah. Ketika lampu kuning menyala, maka adalah waktunya untuk memperlambat kecepatan dan bukan sebaliknya, seperti yang sering terjadi seperti sekarang ini. Padahal tak disangkal jika motor Jupiter MX milik mereka bisa saja melaju kencang untuk melewati perempatan jalan. Tapi hal itu tidak dilakukan oleh anggota YMCI. “Kalau ada anggota YMCI melanggar aturan dan Safety Riding hal itu nantinya malah membuat kami malu. Apalagi kalau ada pengaduan dari masyarakat” begitu jelas Hardi yang juga anggota YMCI. Jadi, ingin lebih tahu aman berkendara? Mulailah bersama YMCI.

Biodata YMCI:
YMCI Berdiri: 12 November 2006
Alamat: Pasteur – Bandung
Anggota: 44 bikers
Ketua: Robert ‘Bang Bet’ Purba
Website: www.ymci.web.id

1 komentar:

  1. mantab. patut menjadi contoh bagi seluruh biker di indonesia

    BalasHapus