Senin, 15 Juni 2009

Indro Warkop: Ikut Peduli Safety Riding


Mengendarai Moge tentunya hal yang menyenangkan. Seperti Indro Warkop. Pemilik nama lengkap Drs. H. Indrojoyo Kusumonegoro ini selalu mengenakan motor gede koleksinya kemanapun pergi. Personil Warkop memang terlahir dari keluarga pecinta moge dan Ingin melanjutkan hobby yang ditekuni  sang ayah.

Sejak kecil Indro memang berbeda dari anak-anak lain seusianya. Ketika anak-anak lain kepingin dibelikan mainan oleh orang tuanya. Indro lebih memilih sebuah motor Harley dari hasil keringatnya sendiri. Impiannya itu baru terwujud nyata saat menginjak usia 18 tahun yang didapat dari uangnya sendiri.
Menurut Indro, banyak hal yang menarik dan dirasakan begitu berbeda saat mengendarai moge. Aliran adrenalin yang begitu cepat, “Disini kita mesti mengenal yang namanya safety riding,karena meng-handle motor ini kan enggak gampang karena harus konsentrasi yang tinggi. Udah gitu, motor Harley Davidson ini enggak bisa dibawa pelan. Itu juga salah satunya yang menjadi kenikmatan tersendiri,” terangnya.
Hingga kini, Indro telah mengoleksi enam buah motor Harley Davidson dengan berbagai macam Tipe. Dari keenam Moge yang dimilikinya itu, ada satu yang menjadi favoritnya. Yaitu Harley bertenaga 750 cc dengan dengan bobot 300 kg. Indro mengatakan Harley bukan hanya sebuah merk motor saja, tapi moge yang sudah digeluti sejak 33 tahun ini, sudah menjadi bagian dari hidupnya. ”Harley itu, kalau wawasan sedikit saja kita enggak ngikutin. Kita pasti ketinggalan. Selain itu Harley sama dengan pengetahuan dan saya disini hanya kepingin tahu bagaimana sih cara berkendara dengan benar,”jelas Indro Warkop.
Pria kelahiran Purbalingga, 5 Mei 1958, Jawa Tengah ini mengaku kerap meluangkan waktunya bersama teman-teman melakukan touring ke seantero Indonesia. Hampir semua daerah telah dikunjunginya. Bahkan sampai ke luar negeri. ”Kenapa daerah menjadi pilihan utama? Karena Jakarta kurang safety untuk mengendarai moge. Sekarang jalur lalu lintasnya begitu padat. Makanya pilih daerah supaya bisa saya nikmati saat mengendarai moge,” terang Indro saat dihubungi Motodream melalui ponsel.
Biasanya, pecinta moge akan mempersiapkan budget khusus untuk merawat motor kesayangannya itu. Namun enggak begitu dengan Indro, dia mengaku enggak butuh budget khusus karena moge dianggapnya sebagai motor yang awet. ”Untuk ganti aki yang biasanya orang bisa setahun, malahan aku bisa sampai 5 tahun. Dan aki motorya enggak perlu dilepas dari motornya. Kan cukup hemat tuh, kalau untuk aksesoris pastilah ada karena ingin tampil beda dengan yang lain. Dan kalau sudah hobby, uang bukanlah hal yang menjadi kendala untuk biaya perawatan moge ini. Jadi istilahnya kalau orang rajin mandi, makannya teratur pokoknya, motor tetap sehat dan enggak ngerorong deh. Jadi dalam perawatan uang bukanlah perihal pertama menjadi kendala,” ungkap Indro Warkop. 
Sampai saat ini, meski telah memiliki 6 unit motor Harley Davidson, Indro masih kepingin menambah koleksinya lagi. Salah satunya adalah motor jenis Ultra Classic yang memang khusus untuk touring. Boleh dibilang seleb senior yang satu ini selain maniak Harley, juga telah banyak memberikan sumbangsihnya terhadap masyarakat. ”Selain jadi relawan menjadi pengatur lalu lintas, kegiatan positif bersama club telah banyak yang kita lakukan. Ya, seperti sekarang ini aku diminta menjadi penasehat club motor dari yang besar sampai yang kecil, salah satunya memberi contoh bagi masyarakat bagaimana cara berkendara yang benar, safety riding. Bahkan sampai kegiatan sosial lainnya,” ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar