Selasa, 01 September 2009

XT500 Sang Legenda Hidup


Pertama kali ia muncul di Tokyo Motor Show tahun 1975. kemunculannya menarik perhatian publik. Inilah motor pertama yang menjadi pewaris kemampuan Motosport di era sekarang. Dia adalah Yamaha XT 500.

Yamaha XT500 dikenal sebagai salah satu produk unggulan Yamaha sekaligus motor dengan predikat “Best Seller” di jamannya. Motor ini adalah motor pertama Yamaha yang memiliki 4 Tak Enduro. Motor ini memiliki kelebihan dari bentuk yang solid, powerfull dan berat rasio yang ideal. Singkat kata, XT500 menjadi pengukir sejarah dikelasnya.

Meskipun pertamakali muncul di Jepang namun yang dibuat jatuh cinta oleh XT500 bukanlah Motobikers asal Jepang. Motobikers yang jatuh cinta pada XT500 adalah Motobikers dari Amerika. Tak heran makanya Yamaha-Amerika menyesuaikan warnanya menjadi warna coklat dengan garpu band berwarna hitam. Perubahan ini sesuai dengan keinginan pembelinya di Amerika. XT500 menjadi motor yang paling banyak digunakan oleh pemilik perkebunan atau “Ranch” yang memiliki kondisi alam berbatu dan luas. Dengan kata lain, Koboi Amerika di pertengahan tahun 70-an mulai mengganti peran kuda peliharaan dengan Yamaha XT500.

Adapun XT500 mengalami evolusi untuk terus meningkatkan kemampuannya. Pertama kali XT500 muncul dengan kode “C” di akhir nomor tipe. Ketika masuk ke Amerika kodenya menjadi “D” alias XT500 D. Di akhir tahun 1981 Yamaha Amerika memproduksi XT500 yang terakhir. Tipe ini dinamakan XT500 H. Tipe inilah yang menjadi pamungkas dari pengembangan TX500.

Pertumbuhan XT500 di seluruh dunia sangat luar biasa. Tingkat penjualan XT di negara-negara seperti Asia terus meningkat. Kehadiran XT500 menjadi alternatif dari motor bebek yang sebelumnya merajai jalanan. Begitupun di Indonesia. XT500 dianggap sebagai spirit anak muda yang suka balapan, gaul dan touring keluar kota membuka rute baru.

Sejak itulah XT500 menjadi raja dikelasnya. Belum pernah ada motor 4 Tak yang memiliki kemampuan dan spesifikasi seperti XT500. Tak heran seri berikutnya seperti XT500 D, XT500 E hingga XT500 H terus dikejar Motobikers. Kondisi ini tentu membuat gerah produsen motor lainnya yang sama-sama berasal dari Jepang. Produsen lain kemudian mengikuti desain dan kemampuan Yamaha XT500 dengan mengeluarkan tipe KX500, CR500 dan DR500. Kesemuanya mengikuti kemampuan Yamaha XT500.

XT500 di Rally Paris-Dakkar
Menyadari kompetisi tak sebatas di perkotaan, XT500 kemudian di desain untuk mencari tantangan yang lebih berat. Di tahun 1979 dimana reli Paris-Dakar pertamakali diadakan Yamaha dengan seri XT500 berhasil meraih podium. Padahal reli Paris-Dakkar adalah salah satu reli paling ganas yang pernah ada di muka bumi. Bukan hanya perelinya yang punya skill tinggi. Namun motor juga harus bisa mengalahkan tantangan alam benua Eropa yang bersalju dengan benua Afrika yang berbatu, berpasir dan penuh dengan tebing.
Yamaha XT500 Paris-Dakkar berhasil mengalahkan 2 motor pabrikan asal Eropa. Saat itu Yamaha XT500 dikendarai oleh pereli asal Perancis, Cyril Neveu. Dan, saat itulah menjadi moment emas bagi Yamaha XT500 di seluruh dunia.

Di tahun berikutnya yaitu tahun 1980, Yamaha XT500 masih menguasai medan ganas dari reli Paris-Dakkar. SSPESIFIKASI
Mesin
Displacement : 499.00 ccm(30.45 cubic inches)
Engine type : Single Cylinder
Stroke : 4
Power : 27.00 HP(19.7 KW) @ 5900 RPM
Compression : 9.0:1
Bore x Stroke : 87.0 x 84.0 mm(3.4 x 3.3 inches)
Valves per cylinder : 2
Fuel control : OHC
Cooling system : Air
Gearbox : 5 speed
Transmission type
final drive : Chain

Ukuran
Berat : 155.0 kg(341.7 pounds)

Chassis dan Dimensi
Ban Depan dimensi : 3.25-21
Ban Belakang dimensi: 4.00-18
Rem Depan : Expanding brake
Rem Belakang : Expanding brake

Speed
Top speed: 132.0 km/h (82.0 mph)

Spesifikasi Lain
Kapasitas Tanki : 9.00 liters (2.38 gallons)
etelah tahun 1980, Yamaha meningkatkan performa XT500 menjadi varian baru. Salah satu hasil modernisasi XT500 adalah Yamaha XT600 Tenere.

Hingga saat ini XT500 tahun antara tahun 1975-1979 masih menjadi incaran para kolektor. Bukan hanya desain dan mesinnya saja yang kokoh, tapi rasanya seperti mengendarai “Living Legend” dari Yamaha. Jangan heran jika di Amerika Yamaha XT500 masih dicari-cari dan dibandrol seharga $2500 atau sekitar 25 juta rupiah! Hmm, hampir seharga sedan Mercedez 280E tahun 1980 kan?


1 komentar: