Selasa, 06 Oktober 2009

Yamaha Jupiter Owners Community Besar Berkat Komitmen dan Keterbukaan

Lagi-lagi forum mailing list membawa petuah, satu dari petuah itu lahirlah komunitas pengendara dan pemilik sepeda motor jupiter dengan sederet family nya. Seperti Jupiter Z, Jupiter Z CW, X-1, Jupiter MX, MX CW, MX CW dan SE. Komunitas ini kemudian dinamakan YJOC (Yamaha Jupiter Owners Community).

Awal terbentuknya cukup unik, dari sekedar berbagi info yang sama tentang motor keberadaan motor Jupiter ini, kemudian berangkat dari mailing list pada tahun 2002. Hingga semakin hari semakin banyak peminat yang ikut join di mailing list tersebut. Akhirnya selang tiga tahun setelah itu, tepatnya pada bulan Juli tahun 2005 terbentuklah YJOC dengan situs resminya www.yjoc.web.id.


YJOC bukanlah komunitas untuk satu wilayah tertentu, keberadaannya justru menjadi wadah komunikasi untuk seluruh pengendara dan pemilik motor Yamaha Jupiter di seluruh Indonesia. Bahkan anggota YJOC ada yang berasal dari negeri jiran Malaysia dan Vietnam.

Komunitas ini memiliki segudang administrator professional yang cakap dalam urusan teknologi dan informasi. Admin YJOC yang siap membantu calon anggota untuk bergabung atau yang ingin sekedar mengenal tentang YJOC. Hingga kini jumlah angotanya mencapai 450-an anggota. Mulai dari anak sekolah sampai ke tingkat professional, kaum elit. Semuanya ada di YJOC ini. Sementara itu jumlah mailing listnya mencapai 4000-an members dari Sabang hingga Merauke.

Tentunya organisasi yang cukup besar ini, juga mempunyai visi dan misi, salah satunya yang menarik adalah komitmen untuk menjadi mitra Kepolisian untuk terus mengkampanyekan safety riding.

Bagi Motobikers, rupanya cukup mudah mengenali anggota dari YJOC ini. Bagi Motobikers yang berdomisili di Jakarta, anggota YJOC biasanya sering menggunakan jaket hitam dengan dominasi warna samping warna orange, tak ketinggalan logo YJOC ini terpampang manis di bagian body jaket. Ciri khas dari setiap anggota YJOC ini, adalah tahu betul dan melaksanakan segala bentuk peraturan lalu–lintas. Pasalnya jauh sebelum menjadi anggota, setiap calon harus mengikuti sistem yang berlaku di YJOC, diantaranya sanggup mematuhi peraturan lalu –lintas dan safety riding.

Cukup dengan klik join mailing list dari YJOC ini, Motobikers sudah menjadi salah satu calon keluarga besar YJOC ini. Kemudian proses selanjutnya adalah prosesi kopdar, untuk mendapatkan nomer anggota dan inisiasi sebagai tanda bergabungnya ke keluarga besar YJOC.

Untuk kopdar utama YJOC wilayah jabotabek sendiri, sering dilakukan dibilangan taman Parkir Timur Senayan, tepatnya antara Hotel Sultan dan Plaza Timur Senayan. Setiap hari Sabtu, minggu pertama dan ketiga, dimulai pukul 16.00 sampai selesai.

YJOC hadir di tengah-tengah maraknya klub dan komunitas motor-motor sport dan supermoto saat ini. Meskipun dari kategori kelas moped, namun YJOC mampu memproses diri menjadi salah satu komunitas yang tampil elegan, konsisten dan tetap membumi.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari kesadaran setiap anggotanya untuk membesarkan nama YJOC. Sekaligus menjadi organisasi motor yang mampu bersinergi dengan Yamaha selaku produsen motor dan tentunya dengan pihak kepolisian untuk terus mengkampanyekan keselamatan pengguna jalan.

Oleh Awan SB/Ipank.
Foto: YJOC

Box:
Sekretariat YJOC : Perum Sunter Jaya Baru. Blok D5 no 12-A. Rt/Rw : 10/03 Sunter Jaya 14350. Jakarta Utara.
Phone : 021 92129494.

Box:
Buat Bro & Sis yang ingin Club atau Komunitas-nya Tayang di MotoDream. Silakan kirim foto-foto dan artikel ke; motodreamagz@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar